Termasuk Giroud, Ini 5 Bomber Chelsea yang Direkrut AC Milan

Giroud AC Milan

Jika menarik kembali sejarah, AC Milan ternyata cukup sering mengimpor pemain dari Chelsea. Salah satunya dan paling terbaru adalah bomber asal Prancis, Olivier Giroud. Pemain yang pernah membela Arsenal itu direkrut di bursa transfer musim panas tahun 2021 ini.

AC Milan dikabarkan harus mengeluarkan dana sebesar 1 juta Euro untuk memboyong pemain berusia 34 tahun ini. Kendati sudah cukup berumur, Rossoneri ternyata masih cukup yakin bahwa sang bomber akan memberi dampak instan bagi performa mereka di musim depan.

Olivier Giroud mendapatkan kontrak selama dua tahun. Artinya, dia akan bertahan di San Siro hingga tahun 2023 mendatang. Kedatangan Giroud akan menambah kekuatan lini serang AC Milan untuk mengarungi musim depan.

Giroud bukanlah satu-satunya pemain Chelsea yang pernah diboyong ke San Siro. Sebab, sebelumnya Rossoneri juga pernah merekrut beberapa penyerang dari London Barat.

Jimmy Greaves

Jimmy Greaves memperkuat Chelsea selama empat musim atau tepatnya mulai 1957 – 1961. Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu mencetak 124 gol dari total 157 penampilan bersama The Blues. Performa apiknya ternyata menarik minat AC Milan.

Kubu Rossoneri pun membajak sang bomber pada musim 1961/62. Sayangnya, karir Greaves di Italia tidak semulus ketika ia masih berseragam Chelsea.

Greaves berseteru dengan pelatih Nereo Rocco dan hanya tampil sebanyak 13 kali dalam semusim. Dari total penampilannya itu, pemain asli Inggris ini mampu menyumbang sembilan gol. Kendati torehan golnya terbilang cukup bagus, Greaves akhirnya dilepas ke Tottenham Hotspur pada Desember 1961.

Hernan Crespo

Penyerang asal Argentina ini direkrut Chelsea dari Inter Milan pada tahun 2003 silam. Di musim perdananya, Crespo mampu mencetak 12 gol dari 31 penampilan bersama The Blues. Namun, kedatangan Jose Mourinho membuat sang bomber harus meninggalkan klub. Ia dipinjamkan ke AC Milan pada musim 2004/05.

Bersama AC Milan, Crespo mampu mencetak 17 gol dari 40 penampilan di semua kompetisi. Ia pun turut membantu Rossoneri memenangi Piala Super Italia sebelum akhirnya kembali ke Chelsea.

Andriy Shevchenko

Bomber asal Ukraina ini mampu meraih Ballon d’Or saat membela AC Milan. Ia kemudian dibeli Chelsea pada musim 2006/07. Namun, performanya di Inggris justru merosot. Shevchenko hanya mampu mencetak 22 gol dari 76 penampilan.

Shevchenko akhirnya dilepas ke AC Milan dengan status pinjaman pada musim 2008/09. Sang bomber hanya mencetak dua gol dari 26 pertandingan sebelum akhirnya hengkang ke Dynamo Kiev.

Fernando Torres

Fernando Torres mengalami penurunan performa di Chelsea sehingga harus dilepas ke AC Milan dengan status pinjaman pada awal 2014/15. Bomber asal Spanyol itu dipinjaman selama dua musim oleh Rossoneri.

Setibanya di Italia, penyerang berjuluk El Nino itu juga masih belum mampu menunjukkan performa terbaiknya. Ia hanya mampu mencetak satu gol dari tujuh pertandingan. Mantan penyerang Liverpool itu akhirnya meninggalkan AC Milan pada Januari 2015 untuk kembali ke klub masa kecilnya, Atletico Madrid.

Olivier Giroud

Olivier Giroud direkrut dari Arsenal pada Januari 2018 lalu. Pemain asal Prancis itu memperkuat The Blues selama tiga setengah musim. Giroud mencatatkan 119 penampilan dengan torehan 39 gol untuk Chelsea di semua kompetisi.

Di musim panas tahun 2021 ini, Giroud memutuskan untuk hengkang dari Stamford Bridge. Ia bergabung dengan AC Milan dengan kontrak selama dua tahun. Sang bomber akan mengenakan nomor punggung keramat, nomor 9 selama berseragam merah-hitam.