Gabung Man City, Jack Grealish Jadi Pemain Inggris Termahal

Jack Grealish

Jack Grealish dipastikan akan memperkuat Manchester City di musim 2021/22 mendatang. Pemain berusia 25 tahun itu telah diresmikan sebagai pemain baru The Citizens dan menerima kontrak berdurasi enam tahun. Artinya, gelandang serang asli Inggris itu akan berada di Etihad Stadium hingga tahun 2027 mendatang.

Sayangnya, tidak disebutkan secara rinci berapa mahar transfer yang dibayarkan Manchester City untuk memboyong Jack Grealish. Namun, sejumlah media di Inggris mengklaim bahwa transfer tersebut melibatkan uang sebesar 100 juta Pounds atau setara 114 juta Euro.

Jika banderol tersebut benar adanya, maka pemain didikan akademi Aston Villa ini resmi menyandang status sebagai pemain Inggris termahal sepanjang sejarah. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh Harry Maguire ketika direkrut Manchester United dari Leicester City pada tahun 2019 lalu. Kala itu, Setan Merah harus merogoh kocek mencapai 87 juta Euro.

Berikut ini daftar 20 pemain asli Inggris dengan banderol transfer termahal sepanjang sejarah.

Fikayo Tomori

Urutan ke-20 dalam daftar pemain Inggris dengan nilai transfer termahal ditempati oleh Fikayo Tomori. AC Milan harus merogoh kocek mencapai 29,2 juta Euro untuk memboyong sang bek dari Chelsea di musim panas ini. Jika menilik nilai pasar, harga pemain berusia 23 tahun itu sebenarnya hanya berkisar 28 juta Euro.

Adam Lallana

Satu strip di atas Tomori ditempati oleh Adam Lallana. Liverpool mengeluarkan dana mencapai 31 juta Euro untuk mendatangkan Lallana dari Southampton pada musim 2014/15 lalu. Padahal, kala itu pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu ditaksir hanya berharga 7,5 juta Euro saja.

Shaun Wright-Phillips

SWP – sapaan akrab Wright-Phillips direkrut oleh Manchester City pada musim 2005/06 silam. Pemain yang bermain sebagai winger ini menjadi salah satu cikal bakal dimulainya era kejayaan The Citizens setelah dibeli oleh taipan asal Timur Tengah. Ia diboyong dari Chelsea dengan mahar transfer 31,5 juta Euro meski sebenarnya nilai transfer SWP ditaksir berada di angka 9,5 juta Euro.

Ollie Watkins

Pada urutan ke-17 dalam daftar pemain Inggris termahal ditempati oleh Ollie Watkins. Aston Villa harus membayar 34 juta Euro ketika merekrut sang bomber dari Brentford di musim 2020/21 lalu. Kala itu, pemain berusia 24 tahun tersebut ditaksir memiliki nilai pasar 12 juta Euro. Kini, Watkins dirumorkan bakal hengkang dari Aston Villa seiring kedatangan Danny Ings dari Southampton.

Wayne Rooney

Di posisi ke-16 ditempati oleh legenda Manchester United, Wayne Rooney. Pemain yang kerap dipanggil Waza ini dibeli Manchester United dengan harga 37 juta Euro dari Everton pada musim 2004/05. Kala itu, Rooney yang masih berusia 18 tahun memang sedang menjadi properti panas di bursa transfer. Nilai pasarnya pun memang ditaksir berada di kisaran 37 juta Euro, sama seperti yang dibayarkan MU kepada Everton.

David Beckham

Pemain yang dikenal dengan tendangan bebas ‘pisang’ ini menempati urutan ke-15. Real Madrid harus mengeluarkan dana mencapai 37,5 juta Euro ketika merekrutnya dari Manchester United di musim 2003/04. Waktu itu Beckham sudah berusia 28 tahun dan ditaksir bernilai 40 juta Euro.

Luke Shaw

Shaw berada satu strip di atas Beckham. Pemain yang berposisi sebagai bek sayap ini dibeli Manchester United dengan harga 37,5 juta Euro dari Southampton di musim 2014/15 lalu. Kala itu, Shaw yang masih berusia 18 tahun memang menjadi salah satu pemain muda Inggris yang bersinar. Ia ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 13 juta Euro namun MU berani membayar lebih dari dua kali lipat untuk mendapatkan tanda tangan sang bek.

Danny Drinkwater

Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini sempat moncer bersama Leicester City. Itulah mengapa Chelsea rela mengeluarkan dana mencapai 37,9 juta Euro untuk merekrutnya di tahun 2017/18. Padahal, Drinkwater yang kala itu berusia 27 tahun hanya ditaksir memiliki nilai pasar 9 juta Euro.

Alex Oxlade-Chamberlain

Selanjutnya, ada nama gelandang Liverpool, Alex Oxlade-Chamberlain. Ia diboyong dari Arsenal pada musim 2017/18 lalu dengan harga 38 juta Euro. Padahal, waktu itu ia masih berusia 24 tahun dan memiliki banderol sebesar 22 juta Euro. Kini, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang tersebut santer dirumorkan bakal meninggalkan Anfield.

Andy Carroll

Bomber dengan ciri khas ‘kuncir’ di kepalanya ini menempati urutan ke-11 pemain Inggris dengan nilai transfer termahal. Carroll ditebus Liverpool dengan harga cukup mahal, 41 juta Euro di musim 2010/11 lalu. Liverpool merekrutnya ketika masih berusia 22 tahun dan ditaksir hanya bernilai 2,5 juta Euro saja.

Rio Ferdinand

Salah satu bek tangguh yang pernah dimiliki Inggris, Rio Ferdinand. Ia menempati urutan ke-10 dengan nilai transfer 46 juta Euro. Transfer tersebut terjadi ketika Manchester United memboyongnya dari Leeds United di musim 2002/03 silam. Kala itu Ferdinand yang masih berusia 23 tahun sebenarnya ditaksir hanya memiliki nilai pasar 18 juta Euro.

Ben Chilwell

Chelsea memboyong Chilwell di bursa transfer musim 2020/21 lalu. The Blues harus menyetorkan dana mencapai 50,2 juta Euro kepada Leicester City. Pada saat itu, bek tim nasional Inggris ini berusia 23 tahun dan ditaksir bernilai 40 juta Euro. Sejauh ini Chilwell tampil impresif bersama The Blues dan berhasil mempersembahkan trofi Liga Champions musim 2020/21 kemarin.

Kyle Walker

Posisi ke delapan dalam daftar pemain Inggris dengan nilai transfer termahal ditempati oleh Kyle Walker. Manchester City rela mengeluarkan dana sebesar 52,7 juta Euro untuk merekrut Walker dari Tottenham Hotspur di musim 2017/18 lalu. Padahal, kala itu Walker yang masih berusia 27 tahun ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 30 juta Euro.

Aaron Wan-Bissaka

Kebutuhan akan bek kanan baru membuat Manchester United tidak ragu untuk mengeluarkan dana sebesar 55 juta Euro untuk memboyong Aaron Wan-Bissaka dari Crystal Palace di musim 2019/20 kemarin. Selain masih berusia 21 tahun, Wan-Bissaka dinilai sebagai sosok yang tepat untuk mengisi pos bek kanan Setan Merah. Padahal, kala itu ia ditaksir hanya bernilai 35 juta Euro saja.

John Stones

Pada urutan keenam ada bek Manchester City, John Stones. The Citizens mengeluarkan dana sebesar 55,6 juta Euro untuk memboyong bek timnas Inggris itu dari Everton di musim 2016/17 lalu. Pada saat itu, Stones masih berusia 22 tahun dan memiliki nilai pasar berkisar 28 juta Euro. Namun, ia digadang-gadang bakal menjadi bek masa depan Inggris dan itu terbukti di masa sekarang.

Ben White

Transfer Ben White dari Brighton ke Arsenal menelan biaya mencapai 58,5 juta Euro di musim panas 2021 ini. Meski masih berusia 23 tahun, White dinilai sosok yang tepat untuk memperbaiki rapuhnya lini pertahanan Arsenal. Itulah mengapa kubu The Gunners rela mengeluarkan dana sebesar itu meski sebenarnya ia ditaksir hanya bernilai 28 juta Euro saja.

Raheem Sterling

Nama berikutnya adalah penggawa Manchester City, Raheem Sterling. The Citizens memboyong Sterling dari Liverpool di musim 2015/16 lalu dengan harga 63,7 juta Euro. Waktu itu sang winger masih berusia 20 tahun dan ditaksir memiliki nilai pasar berkisar 40 juta Euro. Namun, bakatnya telah memikat Pep Guardiola sehingga mereka tidak ragu untuk membawanya ke Etihad Stadium. Keputusan itu terbukti tepat karena kini Sterling menjadi salah satu winger terbaik di Premier League.

Jadon Sancho

Setelah tampil mengesankan bersama Borussia Dortmund, Manchester United memutuskan untuk meminang Jadon Sancho di musim panas tahun ini. Meski masih berusia 21 tahun, Setan Merah tidak ragu untuk mengeluarkan dana mencapai 85 juta Euro untuk memboyong Sancho ke Old Trafford. Sang winger akan menjadi bagian skuat besutan Ole Gunnar Solskjaer mulai musim 2021/22 mendatang.

Harry Maguire

Di posisi kedua ditempati oleh Harry Maguire. Bek Manchester United tersebut direkrut dari Leicester City pada musim 2019/20 lalu dengan harga 87 juta Euro. Padahal, waktu itu sang bek ditaksir hanya memiliki nilai pasar sekitar 50 juta Euro saja. Namun, penampilan apiknya bersama Leicester City dalam semusim terakhir membuat Setan Merah berani mengambil keputusan untuk memboyongnya dengan harga mahal.

Jack Grealish

Grealish memecahkan rekor sebagai pemain Inggris dengan nominal transfer termahal di sepanjang sejarah. Pemain berusia 25 tahun itu diboyong Manchester City dari Aston Villa dengan biaya mencapai 114 juta Euro. Angka ini sekaligus menjadikan Grealish sebagai pemain termahal yang pernah direkrut The Citizens. Penggawa tim nasional Inggris itu akan menjadi bagian skuat Pep Guardiola mulai musim 2021/22 mendatang.