3 Pemain Asia yang Pernah Bermain di Manchester United

Sebagai salah satu klub raksasa di Eropa, Manchester United sudah akrab dengan kehadiran pemain asing. Diperkuat oleh pemain-pemain asing luar Inggris memang mampu meningkatkan kualitas klub berjuluk Setan Merah itu. Tidak hanya yang berasal dari negara-negara di Eropa saja, tapi MU pernah mengimpor pemain-pemain dari benua lain, termasuk Asia.

Ya, Manchester United tercatat pernah diperkuat oleh beberapa nama asal Asia. Sampai saat ini, sudah ada tiga pemain berdarah Asia yang pernah mencicipi mengenakan seragam Setan Merah.

Namun, tidak semua pemain asal Asia tersebut meraih kesuksesan. Ada yang bersinar dan lama berseragam MU, tapi ada pula yang hanya numpang lewat. Lalu, siapakah pemain-pemain Asia tersebut? Silahkan simak informasinya di bawah ini.

Dong Fangzhuo

Dong Fangzhuo

Pada tahun 2004 silam, Manchester United membuat kejutan dengan merekrut Dong Fangzhuo. Pemain asal China itu diboyong dari klub Liga Super China, Dalian Shide dengan mahar sebesar 725 ribu Euro. Ia pun menjadi pemain Asia pertama yang berseragam Manchester United.

Namun, karir Fangzhuo di Old Trafford tidak berjalan mulus. Ia kesulitan untuk menembus tim utama Setan Merah sehingga sangat akrab dengan bangku cadangan. Tercatat, ia hanya dimainkan sebanyak tiga kali. Lebih buruk, hanya selang 30 hari setelah perekrutannya, MU memutuskan untuk meminjamkan pemain berposisi penyerang itu ke klub asal Belgia, Royal Antwerp.

Setelah 3 musim memperkuat Royal Antwerp, Dong Fangzhuo kembali ke Manchester United. Namun, pihak MU langsung menjual sang pemain ke klub lamanya, Dalian Shide dengan mahar 400 ribu Euro.

Park Ji-Sung

Park Ji-Sung

Pemain asal Korea Selatan ini tampil apik selama dua musim membela PSV Eindhoven. Performanya mampu memikat Manchester United yang memutuskan merekrut sang gelandang di musim 2005/06 silam dengan mahar 7,3 juta Euro.

Jika dibandingkan Fangzhuo, Park Ji-Sung punya karir yang lebih mentereng selama berseragam Setan Merah. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu bahkan memperkuat MU selama tujuh musim. Tidak hanya itu, ia juga sukses mempersembahkan sejumlah trofi, termasuk empat trofi Premier League dan satu Liga Champions.

Selama memperkuat Manchester United, Park Ji-Sung mencatatkan 204 penampilan. Dari total penampilannya itu, pria yang kini berusia 40 tahun tersebut mengoleksi 28 gol dan 29 assist untuk Setan Merah.

Performanya menurun di musim 2011/12 seiring bertambahnya usia. Manchester United pun memutuskan untuk melepas Park Ji-Sung ke Queens Park Rangers dengan mahar 3,1 juta Euro.

Shinji Kagawa

Shinji Kagawa

Satu nama asal Asia lain yang pernah membela Manchester United adalah Shinji Kagawa. Pemain asal Jepang ini direkrut dari Borussia Dortmund dengan mahar transfer mencapai 16 juta Euro pada tahun 2012 lalu.

Kagawa berseragam Setan Merah selama dua musim. Ia sukses mencetak enam gol dan 10 assist dari total 57 penampilan. Ia pun berkontribusi membantu Manchester United meraih satu gelar Premier League dan satu Community Shield.

Pada tahun 2014, ia memutuskan untuk meninggalkan Manchester United setelah kalah bersaing dengan winger-winger MU kala itu. Ia kembali ke Borussia Dortmund dengan mahar transfer 8 juta Euro.

Shinji Kagawa menjadi pemain asal Asia terakhir yang pernah memperkuat Manchester United. Sampai saat ini masih belum ada pemain Asia lain yang mampu memikat pemandu bakat Setan Merah.